5 Nama Pakaian Adat Jawa Timur Beserta Penjelasannya

6 Simple Techniques For Pakaian Adat Jawa Barat - Seri Budaya Indonesia - YouTube

- Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di bagian sebelah barat Pulau Jawa. Provinsi Jawa Barat merupakan rumah asli bagi Suku Sunda. Pada zaman dahulu Suku Sunda memiliki tiga tingkatan kasta masyarakat yaitu kaum bangsawan, kaum menengah, dan rakyat jelata. Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ketiga kasta masyarakat tersebut memiliki profesi dan juga pakaian yang berbeda, mencirikan status sosialnya.

7 Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal dan Keunikannya - BukaReview10 Ciri Khas dan Jenis Pakaian Adat Jawa Timur - Guratgarut


Baju Bedahan adalah baju yang digunakan oleh Suku Sunda dengan strata sosial yang tergolong kaum menengah. Dirangkum dalam buku Pakaian Tradisional Daerah Jawa Barat (1988 ), kaum menengah terdiri dari pegawai negeri dan pamongpraja sehingga busana yang dikenakannya diatur menurut peraturan Hindia Belanda. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Laki-Laki kaum menengah akan menggunakan baju bedahan berwarna putih, kain kebat batik, sabuk, iket kepala, arloji berantai emas, alas kaki, dan ikat pinggang. Kain kebat merupakan kain batik panjang yang digunakan dengan cara membelitkannya di pinggang dari kiri ke kanan. Baju bedahan adalah baju atasan untuk pria kaum menengah, dan digunakan juga oleh saudagar dalam acara resmi.

6 Simple Techniques For 5 Baju Adat pengantin Jawa Barat - Sering Jalan

Baju bedahan pada zaman dahulu hanya berwarna putih, namun dewasa ini berkembang menjadi berbagai warna dan juga bahan. Pada Baju Bedahan, arlogi emas tidak digunakan dipergelangan tangan melainkan dimasukkan ke dalam saku dibagian atas sebelah kiri dan dikaitkan ke bagian tengah baju bedahan. You Can Try This Source peraturan Hindia Belanada penggunaan arlogi emas pada baju bedahan hanya digunakan oleh laki-laki dewasa, remaja laki-laki tidak boleh menggunakannya.


image

Dewasa ini strata sosial dalam Suku Sunda telah lama dihapuskan. Sehingga siapaun bisa memakai baju bedahan tanpa melihat status sosial dan profesinya. Semua manusia adalah sama terlepas dari siapa dirinya ataupun harta yang dimilikinya.

Nama Kelengkapan Pakaian Adat Jawa Tengah Beserta Contohnya - Blog Unik√ Pakaian Adat Jawa Tengah - Nama, Keunikan, Gambar


Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa jenis pakaian adat. Pakaian adat dari Jawa Barat ini didominasi dengan pakaian adat dari Suku Sunda. Pasalnya di Jawa Barat masyarakatnya banyak yang berasal dari Suku Sunda. 7 Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal Pakaian adat Jawa Barat ini dibedakan menjadi 3 jenis sesuai dengan status sosial masyarakat Jawa Barat.

Mengenal Totopong, Penutup Kepala Khas Sunda yang for Beginners

Pakaian adat untuk kaum menengah. Pakaian adat untuk rakyat biasa. Ke-3 jenis pakaian adat tersebut sudah dikenal oleh masyarakat sejak zaman dahulu dan sampai sekarang masih dilestarikan oleh masyarakatnya. Berikut adalah beberapa pakaian adat dari Jawa Barat yang wajib anda ketahui:1. Kebaya Sunda, Kebaya sunda biasanya memiliki warna warna yang cerah, seperti putih, merah marun, dan ungu muda.

Pangsi, Pangsi merupakan setelan pakaian berupa baju kemeja polos dan celana yang longgar dan panjangnya tidak melebihi mata kaki dan biasanya berwarna hitam. Pakaian adat ini sangat sederhana dan terkesan usang dan kumal. Pasalnya pakaian ini dipakai oleh laki laki dari rakyat biasa yang kebanyakan berprofesi sebagai petani maupun buruh.

Atasan dari pangsi ini berupa baju kemeja polos yang dinamakan dengan baju salontreng. Baju salontreng ini merupakan baju dengan design jahitan yang sederhana dan identik dengan warna hitam. Biasanya dipadukan dengan sarung poleng yang diselampirkan menyilang ke badan. Sementara bawahan dari pangsi berupa celana yang longgar dan panjangnya tidak melebihi mata kaki dan biasanya dilengkapi dengan kulit maupun kain ikat.

The Ultimate Guide To 6++ Pakaian Adat Jawa Barat - Pembagian Kasta, Gambar

3. Bedahan, Bedahan adalah pakaian adat yang digunakan oleh kaum menengah di Jawa Barat. Kaum menengah itu sendiri biasanya berprofesi sebagai pedagang atau saudagar. Tampilan dan barang barang yang dipakai pun berbeda dengan pakaian dari rakyat biasa. Biasanya pakaian kelas menengah ini disertai dengan manik manik dalam pemakaiannya. Bagi wanita menggunakan kebaya yang biasanya berwarna cerah sebagai atasan.

6 Pakaian Adat Jawa Tengah Pria dan Wanita Serta PenjelasanInilah Busana Adat Khas Jawa Barat


Dan untuk aksesorisnya menggunakan selendang berwarna, ikat pinggang yang dinamakan beubeur, alas kaki berupa selop yang dinamakan kelom geulis, dan perhiasan berupa kalung, gelang, giwang atau anting, dan cincin yang terbuat dari perak atau emas. Sementara untuk pria menggunakan baju bedahan berwarna putih atau jas takwa sebagai atasannya. Dan untuk bawahannya juga menggunakan kain kebat batik berbagai macam corak.

4. Menak, Menak adalah pakaian adat Jawa Barat berupa jas beludru yang disulam dengan benang emas. Menak ini merupakan pakaian adat dari bangsawan. Sudah terbukti dari tampilannya yang terkesan sangat mewah dan sedikit menunjukkan keglamoran. Manak berupa jas tutup yang dipadukan dengan celana panjang berwarna hitam disertai dengan lilitan jarit dari pinggang sampai atas lutut.

The Best Guide To 34 Pakaian Adat Indonesia Lengkap dari Seluruh Provinsi

Dan untuk pasangan wanitanya juga menggunakan kebaya dengan baju berbahan beludru yang disulam dengan tambahan manik manik dan berwarna hitam. Untuk bawahannya menggunakan jarit bermotif sama dengan yang digunakan si pria. Tidak lupa pula dilengkapi dengan berbagai macam aksesoris seperti sanggul rambut (konde), tusuk konde, bros, peniti rantai, cincin, dan perhiasan dari berlian ataupun emas.: Jika kamu ingin melihat informasi terbaru mengenai fashion, kunjungi saja 5.